Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

kasih sayang orang tua kepada anaknya ibarat pohon apel

RENUNGKANLAH.!!
Di tengah gurun pasir hiduplah sebatang pohon apel dan seorang anak laki-laki kecil yang hidup berbahagia setiap hari anak kecil tersebut bermain dengan pohon itu dan memakan buah apel yang ada di setiap dahannya. Suatu hari ketika sang anak sudah mulai tumbuh dewasa anak pun bosan jika harus selalu hidup bersama pohon tersebut ia ingin membeli mainan baru di luar sana untuk mencari suasana baru lalu sang anak pun berkata pada pohon tersebut.
Anak: pohon aku ingin membeli mainan baru....!
Pohon: nak aku tidak punya apa-apa untuk membelikanmu sebuah mainan, tapi kamu bisa memetik semua buah apel ku untuk kau jual dan kau belikan mainan...!
Anak: lalu sanga anak pun memetik semua buah dan menjualnya untuk di belikan mainan.
setelah anak tersebut telah lama pergi meninggalkannya pohon pun sangat merindukannya. Kini sang anak sudah menjadi dewasa hingga akhirnya anak laki itu datang menemui pohon. Pohon pun sangat senang sekali dengan kedatangannya.
Pohon: sekarang kamu sudah besar ayo kita main bersama lagi kita tertawa bersama lagi seperti dulu..!
Anak: tidak bisa sekarang aku sudah sibuk mengurusi istri dan anakku, aku butuh rumah untuk tempat tinggalku...
Pohon: maaf aku tidak punya apa-apa, tapi kau bisa menebang semua rantingku untuk membuat rumahmu..
Lalu anak laki itu pun menebang semua ranting dan ia segera membangun rumah.
Pohon pun merasa bahagia karna telah melihat laki-laki itu hidup dengan damai. Kemudian laki-laki itu datang lagi kepada pohon setelah ia lama meninggalkannya . sang pohon menyambutnya dengan senang hati.
Pohon: hay ayo kita bermain seperti dulu lagi ...!
Anak: aku sudah tua dan sekarang aku butuh perahu untuk menghabiskan masa pensiunku...
Pohon: maaf aku tidak punya apa-apa untuk memberikanmu sebuah perahu tapi kau bisa menebang batangku untuk kau jadikan sebuah perahu...!
Lalu lelaki itu pun menebang batang pohon itu dan ia membuat seorang perahu. Setelah bertahun-tahun ia mninggalkan pohon tu ia pun kembali
Pohon: sekarang apa lagi yang kau inginkan dariku ? aku sudah tak punya apa-apa lagi buahku, rantingku, dan batanku sudah kuberikan semua kepadamu, sekarang aku hanyalah sebuah akar yang sudah rapuh ..
Anak: aku sudah tidak butuh apa-apa lagi setelah sekian lama aku menunggalkanmu aku merasa lelah dan aku sekarang ingin beristirahat di akarmu yang rapuh ini karna disinilah tempat yang nyaman untukku beristirahat...
Sang pohon pun terharu hingga meneteskan air mata melihat seorang lelaki yang ia sayang kini ia sedang berbaring dan beristirahat di pangkuan sang pohon....
Sang pohon tersebut adalah orang tua kita Jadi percaya atau tidak itulah kelakuan kita kepada orang tua dimana kita sudah tumbuh dewasa kita akan meninggalkannya orang tua tidak pernah menyimpan rasa benci meski sang anak kembali hanya ada maunya namun sang orang tua hanya bahagia asalkan anaknya bahagia di luar sana hingga akhirnya ketika sang anak sudah tak punya apa-apa sang anak pun kembali kepada orang tuanya dan orang tua kita akan tetap tulus menyayangi kita ....

Bagi kita yang masih mempunyai orang tua muliakanlah mereka jangan sampai kita lupa atas apa yang telah mereka perjuangkan untuk kita dan ingat satu lagi saudaraku tanpa kehadiran orang tua maka tiadalah kita karna allah telah menitipkan kita kepada mereka....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar